3 Makanan Khas Bali Yang Sebaiknya Kamu Coba Bila Kesana

3 Makanan Khas Bali Yang Sebaiknya Kamu Coba Bila Kesana

Siapa yang meragukan bali sebagai salah satu pusat wisata di tanah air? Keindahan bali memang tak bisa diragukan lagi. Wisatawan nusantara hingga wisatawan mancanegara mengakui bali sebagai salah satu surganya dunia. Bagaimana tidak, bukan rahasia lagi destinasi alam Bali sangat indah, dan dilengkapi dengan makanan – makanan khas setempat yang sangat lezat, tempat makan enak di bali yang bisa kalian temukan sangat beragam dan tentunya menu – menunya sangat bervariasi sehingga kalian bisa memakan makanan enak di bali

Jenis wisatanya juga beragam, kita bisa dengan mudah menemukan wisata alam seperti layaknya pantai dengan pasir putih, karang-karang dan beraneka ragam ikan. Kita juga bisa menemukan keindahan pegunungan di bali. Wisata buatanya juga beragam. Disamping itu, memasuki bali saja, kita langsung bisa merasakan bagaimana adat istiadat setempat dijalankan. Kita bisa langsung merasakan wisata budaya di sana.

Makanan Enak di Bali

makanan enak bali

Tapi dari semua wisata itu, ada yang harus benar-benar kita kunjungi. Yakni wisata kuliner. bahkan ada yang bilang kalau kita tak benar-benar berwisata ke sebuah daerah bila belum merasakan sensasi makananya. Salah satu makanan wajib yang harus kita coba adalah makanan khas bali. Ragamnya ada banyak. ada yang bisa kita santap di sana, ada pula yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Nah, berikut beberapa makanan khas bali yang sebaiknya kamu coba.

  1. Nasi Campur Ayam Bali

Pilihan makanan khas bali pertama yang bisa kamu pilih adalah nasi campur ayam bali. Soal sensasi rasanya tak perlu kamu ragukan lagi. Pasalnya, nasi campur ayam bali merupakan salah satu makanan khas kota bali yang sangat populer dan wajib dicoba wisatawan.

Perlu kamu tahu, nasi campur sebenarnya adalah makanan keseharian penduduk bali. Nasi ini terdiri dari suiran daging ayam sisit bumbu Basa Genep Bali, nasi liwet, sate lilit khas Bali, sayur urap, dan lawar hangat. Kesemunya dijadikan satu untuk mendapatkan perpaduan cita rasa yang sempurna. Apalagi ditambah dengan sambal matah atau sambel embe Khas Bali.

Hal lain yang tak kalah seru, meski sama-sama bernama nasi campur ayam bali, tiap warung makan memiliki racikan yang berbeda-beda. Ada yang yang menggunakan suiran ayam betutu, ada yang menyajikan dengan kulit ayam goreng, telur sambal tomat, daun umbi ketela yang pedas. Bahkan ada pula yang menyajikan bersama dengan ikan pindang dan taburan bawang goreng.

Artikel Menarik : Cara Membujuk Anak Yang Susah Untuk Makan

  1. Ayam Betutu Khas Bali

Berwisata ke bali tak akan lengkap bila tak mencoba makanan khas Bali yang satu ini, apa lagi kalau bukan Ayam Betutu. Bali memang sangat beragam memiliki masakan khas yang bercita rasa nusantara dengan bahan dasar berupa ayam. Berbagai olahan bisa dibuat dari ayam. Walaupun memang ada beberapa masakan khas bali yang mengandalkan kuliner seafood.

Nah ayam betutu ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai sensasi ras pedas. Terutama karena masakan ini mengandalkan banyak rempah-rempah sebagai penguat rasa di dalamnya. Dari teksturnya saja, kamu bisa menilai kalau masakan ini sangat pedas. Sekali coba kamu pasti ketagiahan.

  1. Sate Lilit Khas Bali

Berikutnya, jangan lupa menyantap sate lilit. Sate lilit ini sangat cocok bila kamu santap bersama nasi campur ayam. Nah untuk sate lilit ini, bahan dasarnya bisa dari ayam, ikan tenggiri atau babi. Jadi buat kamu yang tidak makan babi, mohon diperhatikan ya.

Nah itulah beberapa makanan khas bali yang sebaiknya kamu coba. Bagamanapun, berkunjung ke bali tanpa mencoba makanannya tidak akan sempurna.

Leave a Reply