4 Situasi Terbaik untuk Membeli Rumah Secara Kredit

Rumah Kpr

Situasi Terbaik untuk Membeli Rumah Secara Kredit

4 Situasi Terbaik untuk Membeli Rumah Secara Kredit

Mengajukan kredit ke bank alias meminjam uang bukanlah hal yang disukai banyak orang. Namun ini merupakan cara yang termudah kalau Anda misalnya memerlukan dana untuk hal-hal tertentu, seperti membeli rumah. Dengan adanya program rumah KPR murah yang dibangun oleh Perumnas contohnya, Anda akan bisa mendapatkan rumah bahkan dengan gaji Anda yang relatif kecil.

Namun ketika Anda memutuskan untuk membeli tempat tinggal KPR tersebut, renungkanlah lebih dahulu, apakah ini memang saat yang terbaik bagi Anda untuk melakukannya. Bagaimana kalau nantinya Anda ternyata tidak mampu membayar angsuran per bulannya secara konsisten? Bagaimana kalau situasi Anda berubah? Ada banyak hal yang menentukan apakah ini saat yang tepat bagi Anda untuk mengambil KPR.

Jadi, kapan saat yang tepat untuk bisa mengajukan KPR? Ini dia:

1. Saat mapan tapi masih lajang

Percaya atau tidak, saat Anda lajang adalah salah satu saat terbaik untuk mengajukan KPR. Kenapa? Karena angsuran KPR bisa sampai puluhan tahun, dan kebutuhan Anda sendiri masih belum banyak. Anda jadi bisa fokus membayar angsuran untuk rumah sendiri.

2. Saat ada pekerjaan tetap

Ketika Anda sudah memiliki pekerjaan tetap, telah bekerja setahun lebih, dan gaji memperlihatkan indikasi untuk terus naik, ini saatnya membeli properti atas nama Anda.

3. Ketika tak ada hutang

Anda sudah bebas dari cicilan motor, mobil, elektronik, maupun cicilan yang lainnya? Ini saat yang tepat untuk membeli rumah karena Anda sudah tak terganggu dengan beban lainnya.

4. Saat suku bunga rendah

Perhatikan suku bunga yang sedang ada sekarang, dan lihatlah ada di posisi mana suku bunga tersebut. Jika berada di titik rendah, ini waktu yang pas untuk mencari rumah.

Tapi satu hal yang perlu diperhatikan dari keempat situasi tersebut adalah bahwa kondisi tersebut hanya berlaku kalau Anda dalam kondisi finansial yang relatif stabil. Kalau Anda masih belum ada pekerjaan tetap, harus membayar ini itu, belum bisa mengatur keuangan, dan masih ada beban finansial lain, maka sebaiknya pikirkan ulang sebelum Anda membeli rumah KPR, semurah apapun itu.

Leave a Reply