Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil dan yang Perlu di Hindari

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil – bagi wanita yang pertama kali hamil, tentu akan mengalami situasi yang tidak biasa. Hal yang sering dikeluhkan adalah posisi tidur yang sulit bahkan menimbulkan badan yang lelah, rasa mual, sakit kepala, hingga pinggul yang sakit. Banyak yang kesulitan untuk tidur sehingga membuat kesehatan ibu hamil akan terganggu. Padahal, tidur memiliki peran dalam membuat bayi tetap sehat. Setelah bayi lahir pun demikian, banyak perawatan yang harus dipersiapkan untuk bayi khususnya yang baru lahir. Misalnya memberikan perawatan pada kulit maka diperlukan produk yang tepat dan aman untuk buah hati anda. gunakan produk dari Zwitsal yang aman dan terbuat dari bahan alami.

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil haruslah diperhatikan, dan anda para ibu hamil harus menghindari beberapa hal berikut agar tidak membahayakan anda dan juga bayi anda, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pada trimester kedua tidur terlentang

Hal ini sangat berbahaya untuk janin dan ibu hamil dikarenakan akan menghambat aliran darah ke plasenta janin. Tentu akan membatasi asupan gizi maupun oksigen yang membuat bayi kekurangan oksigen. Posisi tidur yang seperti ini akan membuat ibu hamil mual bahkan juga pusing.

  1. Tidur miring ke kanan

Tidur miring ke kanan akan membuat tekanan kuat didalam organ hati ibu hamil. Tentu asupan untuk janin menjadi terbatas seperti asupan nutrisi dan juga oksigen. Selain itu, posisi seperti ini tidak nyaman bagi ibu hamil karena kekurangan oksigen pula.

  1. Tengkurap

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dan yang perlu dihindari adalah tidur tengkurap. Hal ini sangat sangat berbahaya karena membuat bayi tergencet bahkan tertekan. Selain itu, tidur tengkurap juga membuat tekanan pernafasan membuat ibu kekurangan oksigen bahkan kekurangan nutrisi pada janin sehingga membuat keguguran ataupun kematian janin.

  1. Tidur sambil duduk

Rasa mual bahkan mulas yang berlebihan biasanya membuat ibu hamil tidur di sofa dengan duduk. Hal ini sangat tidak baik karena akan meningkatkan tekanan pembuluh darah yang lebih untuk jantung. Tak hanya itu, tidur dengan posisi ini akan membuat rasa lelah berlebihan di punggung dan bisa memperburuk wasir jika ibu memiliki penyakit ini.

  1. Mengangkat kaki ke atas

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dan yang perlu dihindari adalah tidur dengan mengangkat kaki keatas. Biasanya ibu mnempatkan bantal dikaki agar menjadi tinggi, hal ini harus dihindari karena posisi kaki yang lebih tinggi dari badan akan membuat ruang janin jadi kecil dan juga membuat janin kekurangan oksigen.

Jadi bunda, sudah tahu bukan mengenai posisi tidur yang harus dihindari ketika bunda sedang hamil. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply