Upaya Pemerintah Mempercepat Realisasi Program Rumah KPR

Upaya Pemerintah Mempercepat Realisasi Program Rumah KPR

 Program Rumah KPR – Rumah, hunian, tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap orang dan apalagi yang sudah berkeluarga. Hanya saja sayangnya pada kenyataannya tidak semua orang dapat memiliki rumah sendiri. Apalagi mereka masyarakat yang berada di kalangan menengah ke bawah. Perumahan murah selalu menjadi incaran untuk masyarakat di kalangan menengah ke bawah agar dapat mempunyai hunian pribadi. Namun memang bukanlah hal yang mudah untuk mendapatkan perumahan yang murah di era yang sekarang sudah modern dan apa-apa sudah mahal. Kendati demikian, meskipun sulit bukan berarti tidak bisa. Kesempatan untuk mendapatkan rumah yang murah dan layak huni masih terbuka cukup lebar, termasuk kalangan MBR alias Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Dengan cara apa ? Membeli perumahan murah dalam Program Sejuta Rumah.

Program Rumah KPR

Pemerintah bersama dengan instansi terkait pengadaan hunian seperti Perumnas memiliki sebuah program yang dinamai sebagai Program Sejuta Rumah Kpr, dimana dalam program tersebut ialah merealisasikan pembangunan rumah murah untuk masyarakat di kalangan menengah ke bawah. Berbagai srategi untuk mengupayakan terealisasinya pembangunan rumah dalam program Sejuta Rumah tersebut pun terus dilakukan oleh pemerintah. Mulai dari strategi dengan melonggarkan regulasi perizinan, kemudian menguatkan pasokan lahan sampai dengan mendorong suplai bangunan rumah. Dengan upaya-upaya tersebut tentunya memang besar harapan pemerintah untuk bisa segera menyelesaikan proyek pembangunan perumahan murah dalam Program Sejuta Rumah ini supaya juga masyarakat di kalangan menengah ke bawah yang memerlukan hunian layak juga dapat segera terwujud.

Dalam hal melonggarkan regulasi sebagai bagian dari stategi untuk mengupayakan terealisasinya Program Sejuta Rumah lebih cepat ini diharapkan dengan adanya kemudahan dalam segi regulasi, terlebih ialah perizinan membangun rumah menjadikan para developer semakin tertarik untuk menyediakan suplay hunian yang layak. Target pemerintah dalam merealisasikan Program Sejuta Rumah ini ialah dapat membangun sebanyak 603.516 unit untuk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) serta 396.484 unit rumah untuk non-MBR.

Kemudian strategi dengan meningkatkan pasokan lahan. Kementerian Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyoapkan dua skema pengadaan lahan untuk pembangunan perumahan murah dalam program Sejuta Rumah ini. Pertama ialah lewat pembelian tanah oleh Perum Perumnas. Mengingat juga dalam payung hukum yang baru, Perumnas memegang amanah untuk bertugas melaksanakan pembebasan lahan-lahan strategis untuk pemukiman. Kemudian skema yang kedua ialah pemberian aset negara lewat Kementerian Keruangan kepada Kementerian PUPR. Pembangunan rumah murah dalam Program Sejuta Rumah ini pun dilaksanakan secara bertahap. Rencananya juga pembangunan dapat dilakukan secara merata di 34 provinsi yang ada di Indonesia. Diharapkan dengan strategi terbaik yang disiapkan pemerintah bersama dengan jajaran instansi terkait dapat membantu banyak dalam merealisasikan pembangunan rumah dalam program Sejuta Rumah lebih cepat dan baik lagi. Sehingga juga upaya untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat dapat terealisasi lebih baik pula.

Klik disini : http://www.perumnas.co.id/inilah-syarat-mendapatkan-rumah-kpr-subsidi/

Leave a Reply